Laman

Rabu, 19 Mei 2010

Bisnis Jual Beli Domain

Mengintip Bisnis Jual Beli Domain

Kali ini saya mau membicarakan mengenai “Expired Domain” atau domain yang telah habis masa sewanya. Seperti yang kamu mungkin kebanyakan sudah tau, kalo kita menyewa sebuah nama domain biasanya minimal kontrak adalah selama 1 tahun dan setelah itu kita harus perpanjang lagi, dan seterusnya.

Nah ada kalanya seseorang lupa memperpanjang nama domain dia, atau mungkin dia sudah pensiun dari dunia bisnis online dan mengerjakan hal lain atau mungkin dia memutuskan untuk berhenti mengikuti sebuah program di Internet, jadi akhirnya dia biarkan saja domain itu expired.

Supaya kamu tau aja, tiap harinya itu ada ribuan bahkan jutaan nama domain yang expired, domain yang dibiarkan expired itu sebenarnya masih memiliki potensi yang sangat besar, misalnya saja tidak sedikit domain expired itu sudah memiliki Google PR yang tinggi, link relevant yang berkualitas dan masih memiliki trafik.

Bayangkan sementara banyak pemilik situs/blog yang bersusah payah mencari backlink di mana-mana untuk meningkatkan PR blog/websitenya, seseorang dapat dengan mudah membeli sebuah nama domain yang expired dan sudah memiliki PR 3 atau 4 tanpa harus susah payah melakukan “link building campaign” dan langsung mendapatkan “trafik instan” tanpa harus melakukan promosi apa-apa lagi.

Tapi hati-hati, jangan sembarangan beli expired domain karena kamu harus tau juga alasan kenapa domain itu dibiarkan expired? Jangan nantinya kamu membeli domain yang terlibat dalam aktivitas spamming atau hal buruk lainnya. Salah satu cara mengetahui apakah domain itu baik atau tidak adalah dengan mengecek inlink ke domain tersebut.

Inlink itu bisa dibilang sebagai link yang mengarah ke sebuah website atau biasa juga disebut dengan backlinks. Untuk mencari inlink sebuah website kita bisa memakai Yahoo Site Explorer yang akan mengembalikan data inlink atau backlinks ke sebuah domain.

Misalnya saya coba cari inlink dari situs detik.

jual beli domain

Dari data ini kamu bisa explor mana saja link yang masih aktif dan juga apakah link yang aktif itu relevan dengan tema domain yang sudah expired tersebut.

Untuk membeli domain yang sudah expired kamu bisa kunjungi Pool.com

Sedikit tentang Pool.com adalah salah satu tempat terbaik untuk masalah jual beli domain. Jadi kesimpulannya, ada banyak hal yang bisa kamu buat dengan membeli expired domain antara lain adalah

1. Dijual lagi dengan harga yang lebih mahal, misalnya kamu beli dengan harga $20, nanti bisa kamu jual seharga $30-40, tempat yang bisa kamu datangi buat jualan domain antara lain sedo atau afternic

2. Buat isi website baru dengan nama domain itu, lalu jual lagi berikut dengan isi-isinya. Kalau ini untungnya tentu bisa lebih besar ketimbang hanya menjual domainnya saja.

3. Jual link di Backlinks dengan catatan domain yang kamu beli sudah memiliki PR minimal 1. Keuntungan menjual link adalah kamu bisa mendapatkan bayaran bulanan dari Backlinks.

4. Monetize dengan Ads seperti AdSense, AdBrite, Amazon, dsb. Dengan adanya trafik dari link-link yang dahulu, kita sekarang tinggal menyediakan kontennya saja. (Membeli expired domain adalah salah satu cara paling cepat untuk dapatin trafik)

Jadi mungkin kamu bisa mempertimbangkan peluang bisnis online yang satu ini :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.