Laman

Minggu, 09 Mei 2010

Mengatasi gigi berlubang pada balita

Gigi berlubang pada balita biasanya sering diakibatkan oleh kebiasaan meminum ASI ataupun susu botol yang berisi susu atau cairan manis lainnya yang dihisap anak sampai tertidur ataupun terus-menerus sepanjang hari dan tidak diikuti dengan perawatan kebersihan mulut yang baik. Kondisi gigi berlubang pada anak sering disebut dengan istilah Early Childhood Caries (ECC) ataupun Nursing Mouth Caries (NMC).


Berikut adalah anjuran dari American Academy of Pediatric Dentistry sebagai panduan mengenai cara pemberian makanan bagi bayi untuk mencegah EEC:

  1. Jangan pernah tidurkan bayi dengan botol susu. Kebiasaan menyusu ASI di malam hari harus dihentikan ketika gigi pertama anak mulai erupsi.
  2. Latih anak untuk minum menggunakan cangkir ketika anak mendekati usia 1 tahun. Penggunaan botol susu dihentikan ketika anak berusia 12 sampai 14 bulan.
  3. Hindari pemberian jus buah melalui botol. Pemberian jus buah harus selalu menggunakan cangkir.
  4. Pelaksanaan kebersihan mulut harus dilakukan ketika gigi pertama anak erupsi.
  5. Dianjurkan untuk melakukan kunjungan konsultasi kesehatan gigi anak pada usia 6 bulan saat gigi pertama anak erupsi dan tidak lebih dari usia 12 bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk pemberian edukasi bagi orang tua mengenai panduan antisipasi untuk mencegah penyakit gigi.
  6. Tingkatkan kebersihan dan kesehatan rongga mulut ibu ataupun pengasuh anak untuk mengurangi transmisi bakteri dan mengurangi resiko anak mengalami ECC.
http://gigisehatbadansehat.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.