Laman

Minggu, 30 Mei 2010

Riset: Gamer Jarang Mimpi Buruk


Jakarta - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, para pemain game atau gamer, lebih bisa mengontrol mimpi mereka saat tengah tidur dan jarang mengalami mimpi buruk.

"Menghabiskan waktu berjam-jam memasuki dunia virtual game sama seperti menjalani sebuah latihan," kata psikolog Jayne Gackenbach dari Grant MacEwan University, Kanada.

"Gamer terbiasa mengontrol lingkungan permainan mereka sehingga tidak mustahil jika hal ini mereka terapkan ke alam mimpi," ujarnya, seperti detikINET kutip dari Yahoogames, Senin (31/5/2010).

Gamer, menurut Gackenbach, memiliki pengalaman seperti keluar dari raga mereka. Mirip ketika bermimpi dan memiliki kesadaran penuh terhadap mimpi, sehingga mereka bisa mengendalikan isi mimpi.

Ibaratnya, gamer bisa mengubah jalan cerita dan menghindari mimpi buruk yang tidak diinginkan.

Kesimpulan ini memang masih terlalu dini. Namun Gackenbach berharap melalui studi ini para psikolog dapat menemukan metode terapi yang tepat bagi para pasien yang frustasi karena kerap mengalami mimpi buruk atau mereka yang mengalami trauma dan gangguan tekanan jiwa lainnya.

Sebuah studi terpisah dari Flinders University di Adelaide, Australia Selatan bahkan menyebutkan, bermain game sebelum tidur akan membantu seseorang tertidur lelap dan mengurangi risiko mimpi buruk. Rachmatunisa - detikinet
( rns / rou )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.