Laman

Selasa, 08 Juni 2010

7 Trik Mengatasi Anak "Mengamuk"



KOMPAS.com - Mempunyai anak memang membahagiakan. Namun ada satu momen ketika melihat ulah mereka mulai terasa menjengkelkan, yaitu ketika mereka meminta sesuatu lalu menangis sejadi-jadinya di tempat umum.

Bila ini terjadi pada si kecil, Anda tidak sendiri. Lebih baik, Anda mencari ide bagaimana mengatasi kemarahan anak saat hal itu terjadi. Tujuh selebriti di bawah ini berbagi trik untuk Anda:

Rebecca Romijn
Ibu dari sepasang putri kembar ini mengaku, public tantrum cukup sering terjadi pada anak-anaknya. "Jika kami pergi ke restoran, dan mereka mulai bertingkah, kami angkat saja mereka dan membawa keluar," ujarnya. Meskipun demikian, kedua putrinya juga cukup cerdas untuk meredakan amukannya. “Mereka selalu berakhir dengan sesi 'one-on-one' dengan ayah atau ibunya, dan itulah yang selalu mereka inginkan," kata bintang Ugly Betty ini.

Cara lain yang cukup sering dilakukan juga adalah dengan berpindah ke restoran keluarga. Begitu duduk, snack, pisang, crayon, dan kertas, langsung dikeluarkan untuk membuat anak langsung sibuk.

Sherri Shepherd
Salah satu host The View dan ibu dari satu anak usia 5 tahun ini mengaku jarang sekali keluar rumah. Penyebabnya, suatu kali lelaki kecilnya mengamuk di sebuah toko elektronik. Sherri pun berlagak meninggalkannya. Tetapi ketika ia menengok ke belakang, putranya tidak terlihat. "Aku bisa mendengar suaranya, dan ia terus menangis karena ia tahu berhasil mendapat perhatian. Aku marah sekali, sampai tidak tahu apa yang harus kulakukan. Jadi sejak saat itu kami menghabiskan waktu di rumah saja."

Jodi Picoult
Pengalaman menghadapi public tantrum yang pertama jelas yang menentukan bagaimana orangtua harus bersikap selanjutnya. Apalagi Jodi adalah seorang penulis, dan pernah mengangkat topik yang cukup sulit, yaitu tentang autisme.

"Kalau Anda seorang public speaker, ada beban ganda karena orang akan selalu berpikiran, 'Ya ampun, anak Jodi Picoult sedang mengamuk!'," ungkap ibu tiga anak remaja ini.

Kalau sudah begitu, Jodi akan membawa anaknya pergi, masuk ke mobil, dan baru "bertengkar" setelah sampai di rumah. "Tapi aku merasa bersalah dengan jeritan-jeritan di depan umum itu."

Trista Sutter
Perempuan ini pemenang pertama Bachelorette, reality show bertema pencarian jodoh, dan satu-satunya yang berhasil membina hubungan hingga menikah dengan dua anak. Untuk urusan anak, Trista biasa berbagi tugas dengan pasangannya, Ryan Sutter. Ketika terjadi kasus anak marah di tempat umum, biasanya Trista akan menggendong Blakesley (1).

"Sedangkan Ryan membawa Max (2) keluar, karena ia sangat senang berada di luar ruangan. Triknya adalah menurunkan tensinya, memintanya untuk mengambil nafas dalam-dalam, lalu mengalihkan perhatiannya," paparnya.

Kristin Armstrong
Suatu saat, ibu 4 anak dari pernikahannya dengan pembalap sepeda Lance Amstrong ini mengalami kejadian menjengkelkan di department store Target. Salah satu putrinya ada di lantai, memukuli tangan dan kakinya, sambil menangis dan berputar-putar. Jelas aksi Grace, putri bungsunya itu, mendapat perhatian orang-orang di sekitar pertokoan tersebut.

"Mereka pasti berpikir alangkah jahatnya aku. Jadi aku tatap mata Grace, dan untungnya sejak awal dia itu punya selera humor yang hebat, lalu aku ikut rebah di lantai dan meniru aksinya. Rasanya itu hal paling buruk dan tidak menarik yang pernah kulakukan, tapi berhasil!" ujarnya.

Grace hanya menatapnya, terkejut, lalu mulai tertawa. Amarahnya segera reda, lalu mereka pun kembali melanjutkan acara belanja.

Carnie Wilson
Lola, putrinya yang berusia 5 tahun, jarang mengamuk di tempat umum. Ketika Lola menginginkan sesuatu saat mereka pergi ke toko, dan Carnie tidak mengabulkannya, Lola tidak lantas marah. Triknya adalah dengan melakukan "barter" dengan anak. "Anak-anak harus tahu bahwa mereka tidak selalu bisa mendapat apa yang mereka mau, dan dunia ini tidak berpusat di sekitar mereka saja," papar mantan vokalis Wilson Phillips ini.

Carnie selalu berusaha mengingatkan pada putrinya, bahwa ia sudah mempunyai cukup banyak mainan, sedangkan anak-anak lain banyak yang tak memiliki mainan sama sekali. Biasanya Lola akan langsung berpikir. Menurutnya, jika ada orangtua yang harus menghadapi amukan anak di tempat umum, itu adalah kesalahan mereka karena tidak menentukan sikap sejak awal.

Monet Mazur
Menurut bintang CSI: Miami ini, ketika anak mulai menangis menjerit-jerit di tempat umum, reaksi kita yang pertama tentu akan merasa malu. Tetapi semakin putranya, Marlon (5), bertambah besar, Monet mengaku makin tidak peduli.

"Anak-anak tetaplah anak-anak, dan mereka tidak akan menjadi sempurna dan duduk manis sepanjang waktu. Ibaratnya, 'Kalau kamu mau marah, kami pergi saja'," ujarnya.

Dan, itulah yang selalu dilakukannya. Bukannya melayani amukan anak, Monet akan masuk ke mobil dan pergi. Setelah itu, Marlon akan mulai menyadari bahwa jika ia bertingkah A atau B, artinya sama dengan pulang ke rumah.

Bagaimana dengan Anda, adakah trik khusus untuk menangani anak yang tantrum?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.