Laman

Selasa, 08 Juni 2010

Apple Luncurkan Browser Safari 5


Browser Safari 5 diklaim Apple bekerja 30 persen lebih cepat ketimbang Safari 4.
Selasa, 8 Juni 2010, 13:18 WIB

Muhammad Chandrataruna

VIVAnews - Di sela peluncuran Apple iPhone 4, pada ajang pertemuan pengembang Apple terbesar, yakni Worldwide Developers Conference 2010 (WWDC) di California, Apple juga memperkenalkan browser Web versi terbarunya, Safari 5.

Apple Safari 5 diklaim Apple memiliki kinerja 30 persen lebih cepat dibandingkan Safari 4. Bahkan, perusahaan elektronik yang dibesarkan Steve Jobs sejak 34 tahun lalu itu berani mengklaim kecepatan Safari 5 bisa dua kali lebih cepat ketimbang Mozilla Firefox 3.6 dan tiga persen lebih cepat dibandingkan Google Chrome 5.0.

Menurut laman Cnet, kecepatan itu bisa dicapai karena Apple Safari 5 mengadopsi DNS prefetching, yakni teknik memaparkan alamat atau domain di tabulasi alamat Web, persis seperti mencari di mesin pencarian.

Kabarnya, tak cuma dibantu oleh Google, untuk teknologi ini, Apple juga menggandeng Microsoft Bing untuk mempercepat proses DNS prefetching. Selain itu, di sisi program, kecepatan itu dibantu oleh peningkatan atau improvisasi mesin JavaScript milik Safari, yaitu Nitro.

Selain mengandalkan kecepatan, ada sejumlah fitur baru yang dibenamkan perusahaan pencipta merek Macintosh pada browser barunya. Misalnya, Safari Reader, yang mampu mempersingkat artikel dengan dukungan Bing. Fitur didesain untuk memaksimalkan ruang baca, baik untuk satu laman atau beberapa artikel (multiple).

Fitur lain, Safari 5 juga telah mendukung HTML5 untuk meningkatkan kinerja browser saat membaca kode HTML. Tapi, ini bukanlah fitur baru, karena Firefox, Chrome, dan Opera telah lebih dulu mengadopsinya. Dengan HTML5, Safari 5 dapat menampilkan video secara full-screen (selayar penuh), geo-location, drag & drop, hingga WebSocket.

Menariknya, kali ini Apple memberikan Safari developer tools yang membolehkan para pengembang mana pun lebih leluasa untuk menambahkan fitur dan fungsi pada browser Safari 5. Tak hanya itu, kinerja browser anyar ini juga dipercepat saat beroperasi di atas Microsoft Windows.

Safari 5, dengan kapasitas mencapai 31 MB, sudah bisa diunduh mulai hari ini melalui link berikut ini. Namun, untuk syaratnya, minimal PC Anda mempunyai sistem operasi Windows XP SP2, Windows Vista, atau Windows 7. Sementara itu, untuk prosesor dan memori, PC Anda minimal ditenagai prosesor sekelas Pentium 500 MHz dan RAM 256MB. (art)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.