Sentani (ANTARA News) - Perwakilan PT Freeport Indonesia bersama seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura menanam pohon di arena Festival Danau Sentani (FDS), kawasan wisata Kalkote, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat pagi.

Ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah dalam rangka program pengembangan pariwisata, dan di satu sisi bagaimana pariwisata itu bisa memberikan penghargaan terhadap pengelolaan lingkungan, kata Kepala Kantor Perwakilan PT. Freeport Indonesia-Jayapura Anthon Rahanusun.

Kepada wartawan usai melakukan penanaman pohon di Kalkote, ia mengatakan, dengan penanaman tersebut diharapkan setiap orang yang datang tidak hanya menyaksikan Festival tetapi juga sadar bahwa pengelolaan lingkungan sangat penting.

Dikatakan, keterlibatan PT Freeport pada perhelatan akbar Festival Danau Sentani ini dengan melakukan penanaman pohon di kawasan wisata Kalhkote sebagai bentuk dukungan terhadap program pengembangan pariwisata.

Kerja sama ini meski masih sangat kecil, tapi dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Kenambay Imbay ini.

Mudah-mudahan langkah ini dapat diikuti perusahaan lain yang juga memberikan perhatian yang sama terhadap pembangunan parawisata, ujarnya.

Sementara itu Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae menyampaikan rasa terima kasih terhadap PT.Freeport yang ikut berpartisipasi pada pelaksanaan FDS dengan melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan masuk dan di kawasan wisata Kalhkote.

Dengan ditetapkannya Kalhkote sebagai tempat pelaksanaan FDS setiap tahun semua pihak berkewajiban melakukan penghijauan di kawasan tersebut agar lebih asri.

Ke depan tempat ini selain untuk kegiatan festival dan kegiatan kesenian, juga sebagai tempat menuju Danau Sentani, katanya.

PTFI menyumbangkan sedikitnya 2.500 anakan pohon antara lain pohon sagu 1,200 pohon, trumbesi 400 pohon sisanya anakan pohon linggua.

Penanaman pohon diawali oleh Bupati Jayapura Habel Melkias, wakil Bupati Zadrak Wamebu, Setda Kabupaten Jayapura Ir.La Achmady dan disusul oleh seleruh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura.
(HLM/B010)