Laman

Jumat, 18 Juni 2010

Grup D : Serbia Tekuk Jerman 1-0

Arya Perdhana - Piala Dunia

Gambar
Getty/Michael Steeele
Nelspruit - Serbia menghidupkan peluangnya untuk lolos dari Grup D setelah di pertandingan kedua menekuk Jerman 1-0. Dalam satu jam terakhir, Jerman dipaksa bermain dengan 10 orang.

Bermain di Stadion Nelson Mandela Bay, Nelspruit, Jumat (18/6/2010), Serbia unggul berkat gol yang dicetak lewat tendangan Milan Jovanovic di menit 38, dua menit setelah Jerman berkurang satu pemain.

Pemain Jerman yang diusir wasit adalah Miroslav Klose. Striker Bayern Muenchen itu mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Dejan Stankovic di menit 36. Padahal di menit 12, ia sudah mendapatkan kartu kuning juga.

Hasil ini membuat Jerman dan Serbia sama-sama mengumpulkan tiga angka hasil dari satu kemenangan dan satu kekalahan. Kans keduanya untuk lolos ke babak kedua masih terbuka.

Di laga terakhir nanti, Jerman akan menghadapi Ghana, sementara Serbia bakal meladeni Australia.

Jalannya pertandingan
Jerman mencoba mengambil kendali permainan sejak awal. Menit keempat, Mesut Oezil mengirim umpan kepada Sami Khedira. Umpan yang apik, tetapi sepakan voli Khedira masih belum menemui sasaran.

Masih tetap menguasai lapangan, Jerman kembali memetik peluang di menit ketujuh. Kali ini, umpan silang Thomas Mueller disundul Nemanja Vidic dan jatuh di depan kaki Klose, tapi sepakannya menyamping.

Serbia mencoba mencuri kesempatan di menit ke-13. Bola silang dari Dejan Stankovic mengarah kepada Milos Ninkovic, tapi tendangan Ninkovic menyamping dan belum mengubah keadaan.

Sebuah eksekusi tendangan bebas mengancam gawang Jerman di menit 32. Kali ini, eksekusi Alexander Kolarov tidak menemui sasaran karena melebar di kiri gawang Jerman.

Jerman kehilangan satu pemain di menit 36. Klose, yang sudah mendapat kartu kuning di menit 12, mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Dejan Stankovic. Jerman pun harus bermain dengan 10 orang.

Cuma berselang dua menit, Serbia memetik untung dari kelebihan jumlah pemain itu ketika sontekan Jovanovic menembus gawang Jerman yang dikawal oleh Manuel Neuer.

Gol ini bermula dari umpan silang Milos Krasic ditanduk oleh Nicola Zigic ke arah Jovanovic yang dengan jitu menendang bola ke gawang Neuer dari jarak tiga meter. Gol, Serbia 1, Jerman 0.

Di menit terakhir babak pertama, Jerman hampir saja menyamakan kedudukan ketika tendangan keras Sami Khedira menghantam tiang gawang Serbia. Skor 1-0 pun bertahan sampai turun minum.

Tujuh menit babak kedua dimulai, Jerman kembali memetik peluang. Kali ini umpan Mueller dari kanan disambar oleh Bastian Schweinsteiger dari luar kotak penalti, tapi bisa ditahan oleh kiper Stojkovic.

Semenit berselang, Jerman lagi-lagi mengancam. Dari umpan terobosan Oezil, Podolski menerobos pertahanan Serbia dan menembak, tapi gagal jadi gol karena bola menyamping.

Menit 59, Jerman dihadiahi penalti karena Vidic menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti. Namun eksekusi Podolski gagal jadi gol karena ditahan dengan sempurna oleh Stojkovic.

Tujuh menit kemudian, Serbia hampir saja menambah keunggulannya. Dari umpan Krasic dari sayap kanan, Jovanovic menendang. Gol? Tidak, akrena bola membentur tiang gawang Jerman!

Di menit 70, Jerman mencoba menambah daya gedornya dengan memasukkan dua striker sekaligus, Geronimo Cacau dan Marko Marin untuk menggantikan Per Mertesacker dan Oezil.

Serbia yang unggul jumlah pemain sedikit tertekan tapi masih mencoba menyerang lewat counter attack. Menit 73, umpan lambung Krasic ditanduk Zigic, tapi menyerempet mistar gawang Neuer.

Sembilan menit menjelang akhir pertandingan, Zigic menyodorkan bola ke arah Gojko Kacar, tapi sepakan pemain yang bermain di Hertha Berlin itu melambung tinggi.

Di sisa waktu yang ada, Jerman terus mencoba menyerang untuk menyamakan kedudukan. Namun Serbia sudah sangat tenang dan tangguh sehingga keunggulan 1-0 mereka bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.



Susunan pemain
Jerman: 1-Manuel Neuer; 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 16-Philipp Lahm, 14-Holger Badstuber (23-Mario Gomez 77); 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger, 8-Mesut Ozil (19-Cacau 70), 13-Thomas Mueller (21-Marko Marin 70); 10-Lukas Podolski, 11-Miroslav Klose

Serbia: 1-Vladimir Stojkovic; 3-Aleksandar Kolarov, 6-Branislav Ivanovic, 5-Nemanja Vidic, 20-Neven Subotic, 17-Milos Krasic, 10-Dejan Stankovic, 22-Zdravko Kuzmanovic (19-Radosav Petrovic 75), 14-Milan Jovanovic (8-Danko Lazovic 77), 18-Milos Ninkovic (4-Gojko Kacar 70), 15-Nikola Zigic (arp/roz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.