Laman

Selasa, 15 Juni 2010

Terang & Sejuk Berkat Bukaan Kaca


Foto: Ahmad Fadillah/Nova dan Eng Naftali/Nova

Lain Dalam, Lain Luar
Gunakan bukaan kaca berupa jendela yang bisa dibuka, bukan jendela mati. Karena, kalau jendela mati, berarti Anda tidak bisa membukanya sehingga sirkulasi udara tidak akan masuk.

Untuk bukaan kaca yang berada di luar ruangan, pilih material untuk kusen yang bagus dari kayu ulin atau jati. Sebab kusen akan selalu terkena pergantian cuaca. Jika tidak memakai material yang baik, akan cepat menjadi keropos dan retak.

Jika budget tak cukup, ada material pengganti kayu yang cukup kuat, salah satunya adalah Almunium, PVC, UPVC dan lain-lain. Finishing pun sudah beragam, tinggal sesuaikan dengan budget.

Terapkan konsep eco-friendly ­dengan efisiensi pemanfaatan air dan penggunaan barang bekas? Kenapa tidak!
1. Gunakan kayu limbah furnitur sebagai lantai dalam ruangan, bahan bangunan bekas, dan piranti kamar mandi bekas untuk membangun rumah.

2. Manajemen air agar penggunaannya cukup efisien. Misalnya dengan mengganti bak mandi dengan shower maupun gun shower pada kloset.

Foto: Ahmad Fadillah/Nova dan Eng Naftali/Nova

3. Pembuatan penampungan air hujan untuk menyiram taman dan sumur resapan untuk menambah air tanah.

4. Perhatikan pula perencanaan pembuangan limbah rumah tangga. Misalnya, buat bak penampungan limbah sebelum air dialirkan keluar.

Naskah: Laili Damayanti/berbagai sumber & rumah des@in, http://rumahdesain2009.blogspot.com, rumahdesain2009@gmail.com, Jl. Dahlia D.54 Komp. Mabad 60 Rempoa – Ciputat,, 021-93698651

Foto-foto: Ahmad Fadilah & eng naftali
Lokasi: Kediaman Ibu Sandra, Jl. Tangkuban Perahu 20 Guntur – Menteng , Jakarta Pusat & CASA JARDIN the garden residence, JL. RAYA DAAN MOGOT KM 11, JAKARTA BARAT , WWW.CASAJARDIN-RESIDENCE.COM, 021-5437 2225

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.