Laman

Kamis, 22 Juli 2010

Soal Antena Smartphone, Apple Keukeuh

SAN FRANSISCO - Sejumlah vendor ponsel, seperti Nokia, Motorola, RIM dan HTC 'mengeroyok' Apple. Vendor-vendor tersebut tak terima dengan tudingan Apple yang menyatakan masalah antena terjadi di hampir semua smartphone, dan bukan hanya terjadi di iPhone4.

RIM bahkan geram dan balik menuduh Apple bahwa produsen ponsel tersebut sengaja mengalihkan perhatian dari isu antena di iPhone 4. Menanggapi serangan dari pesaing-pesaingnya Apple pun akhirnya melawan dengan melakukan sejumlah ujicoba sistem antena terhadap enam ponsel termasuk iPhone 4.

Softpedia, Kamis (22/7/2010) melansir, ujicoba yang dilakukan Apple tersebut bertujuan untuk membuktikan bahwa pernyataan mereka tentang performa antena semua smartphone tak jauh berbeda. Ujicoba dilakukan terhadap iPhone 4, BlackBerry Bold 9700, HTC Droid Eris, Nokia N97 mini, Samsung Omnia II, dan juga iPhone 3GS.

Apple mencoba untuk meyakinkan bahwa tes perusahaan tidak bias, Apple mengklaim bahwa sinyal iPhone 3GS turun dari tiga bar ke satu bar ketika dilakukan proses pelemahan sinyal. sedangkan pada iPhone 4, bar turun dari tiga bar menjadi satu.

Lantas bagaimana dengan smartphone lainnya? Menurut Apple smartphone lain menggunakan sistem tampilan bar yang berbeda. Misalnya, dalam tes Apple, BlackBerry Bold 9700 turun dari 5 bar ke 1 bar ketika sinyal dilemahkan. HTC Droid Eris turun dari 4 bar ke 0 bar. Nokia N97 mini turun dari 7 bar ke 2. Sementara Samsung Omnia II turun dari 4 bar ke 1 bar.

"Kebalikan dari amplifikasi, peredaman terjadi ketika sinyal terhambat. Semua antena termasuk televisi, radio, GPS, dan antena selular dapat mengalami pelemahan, " jelas Apple.

"Tangan manusia dapat menyebabkan redaman ke tingkat yang lebih besar dibandingkan bahan lainnya. Pada ponsel, kehilangan sinyal biasanya terjadi ketika tangan Anda menyentuh bagian paling sensitif dari antena," tulis Apple.

Seperti diketahui pengguna iPhone 4 mengeluhkan, ketika jari atau tangan menyentuh tempat di sisi kiri bawah telepon, sinyal secara signifikan menurun. Ini menyebabkan iPhone 4 kehilangan koneksi, bahkan sama sekali hilang jika Anda di daerah dengan sinyal lemah.
(ugo)

Stefanus Yugo Hindarto - Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.