Laman

Jumat, 05 November 2010

Efek buruk kesepian setara dengan kerugian akibat kebiasaan merokok.

(doc Corbis)

VIVAnews – Bila Anda sering merasa kesepian sebaiknya jangan dianggap sepele. Sebab, efek buruk dari kesepian, menurut ahli fisiologi Amerika, setara dengan kerugian akibat kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Hasil penelitian ini diterbitkan oleh Jurnal PLOS ONE.

Ikatan emosional dari keluarga dan para sahabat yang kuat dapat meningkatkan kualitas kesehatan manusia. Bahkan, ikatan emosional semacam ini lebih efektif memberikan kesehatan ketimbang latihan fisik dan menghindari kebiasaan yang berbahaya.

Serangkaian penelitian itu dilakukan dalam kurun waktu tujuh tahun. Mereka meriset hampir 400 orang yang ikut berpartisipasi dalam proyek ini.

Hasilnya, orang yang sering berinteraksi sosial (dengan tetangga, teman, keluarga) ternyata lebih kecil risiko terserang berbagai penyakit dibandingkan dengan mereka yang jarang berhubungan dengan orang lain.

Hasil penelitian itu kemudian meyakinkan para ahli bahwa pengaruh kesepian sama dengan dampak rokok dan alkohol. Jadi, dalam hal dampak negatif terhadap kesehatan, kesepian itu identik dengan merokok 15 batang sehari. (pet)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.