Laman

Jumat, 05 November 2010

Lima Makanan Untuk Kesehatan Kandung Kemih

(inmagine)

VIVAnews – Problema kandung kemih diderita jutaan orang di seluruh dunia. Sebagian orang menganggap masalah ini cukup memalukan, karena urin keluar tanpa disengaja, berupa tetesan atau dalam jumlah besar.

Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi lemahnya kandung kemih pada wanita, di antaranya kehamilan, pasca melahirkan, menopause hingga masalah fisik dan bertambahnya usia.

Untuk mengatasinya, Anda tak perlu obat-obatan. Ada beberapa makanan yang bisa mencegah masalah ini dari awal, seperti dikutip dari Shine:

1. Cranberries
Buah ini merupakan obat herbal paling umum untuk mengatasi masalah kandung kemih. Kandungan yang ada dalam cranberry dapat menghambat produksi virulen, bakteri pemicu infeksi saluran kencing.

2. Pir
Buah ini mengandung asam klorogenat yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri, terutama di kandung kemih. Konsumsi satu pir tiap hari bisa terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan masalah kandung kemih.

3. Gandum
Roti gandum, oatmeal, dan bahan makanan berbahan gandum bagus untuk kandung kemih. Makanan berbahan gandum mengandung serat tinggi. Bila mengonsumsinya dalam jumlah tepat (25 gram per hari sesuai yang dianjurkan untuk orang dewasa), sistem pencernaan Anda akan tetap baik, yang juga akan memperlancar fungsi kandung kemih.

4. Air putih
Minum delapan sampai sepuluh gelas air sehari akan membuat sistem tubuh berfungsi dengan baik. Cara ini merupakan kunci untuk memiliki kandung kemih sehat.

5. Yogurt

Menurut riset dari Swedia, mengonsumsi dua porsi yogurt dalam sehari dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih sampai empat puluh persen. Yogurt berkhasiat meningkatkan produksi bakteri baik, dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah kandung kemih, sebaiknya perlu berhenti merokok, mengurangi asupan kafein, jeruk, dan makanan pedas. Sebab, kebiasaan tersebut dapat memperburuk kondisi kandung kemih. (pet)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.