Laman

Rabu, 24 November 2010

Mengatur Obyek Foto

Ok mpok, kite lanjutin cerite kite mengenai aturan-aturan yang harus di ikutin saat mengkomposisi atau mengatur objek yang bakal kite potret. Kemaren kan, kite sudah ngebahas aturan pertamanye. Yaitu mengisolasi focal point, atau menentukan objek utama dari photo yang bakal kite buat.

Dari situ, kite jadi tau, kalo kite kaga lebih dulu nentu'in objek utama dari photo yang bakal kite buat, maka orang bakalan susah untuk mengerti objek mane yang sebenernye pengen kite tonjol-tonjolin. Sekarang kite bakal ngebahas aturan-aturan selanjutnye. Yaitu:

The Rule of Thirds

Apa'an tuh bang? Koq pake base Inggeris seh? Kenape kaga pake base betawi aje sih? Pan, aye jadi mudah buat nangkep maksudnye.

Iye mpok, bukan maksud aye buat sok inggeris-inggerisan segale, aye cuman takut kalo nanti salah ngarti'innye, soalnye di ebook-nye ditulisnye begeto. Tapi menurut aye mpok, kaga penting gimane aturan ntu ditulisnye, yang penting kite ngarti maksudnye, betul kaga mpok.

Nah, biar kite lebih mudah buat ngerti'in aturan komposisi yang atu ini, penulis ntu ngasih perintah seperti ini:

Saat kite sudah tau objek mane yang bakal jadi objek utama, maka langkah berikutnye adalah ngebagi-bagi'in, atau motong-motongin, atau memutilasi ape yang kite liat melalui viewfinder ntu, menjadi 3 bagian secare vertikal, dan tiga bagian secara horizontal.

Biar lebih jelas maksudnye, coba mpok liat gambar atau photo dibawah ini!

Belajar Photography

Nah mpok, dari photo diatas kite bisa ngeliat dengan jelas. Photo itu dibagi menjadi sembilan bagian, yang mane 4 bagiannye berada di sudut. Keempat bagian yang berade disudut ini gunanye adalah untuk menegaskan objek yang menjadi focal point, atau objek utame dari photo tersebut.

Kate yang sipenulis, kalo kite menempatkan sesuatu diatara perisilangan garis tersebut (biasanye adalah focal point), maka kite bakal mendapat sebuah komposisi yang menarik.

Dan menurut sipenulis ntu juga, aturan the rule of thirds ini adalah aturan utama yang harus diikuti oleh setiap photographer. Kaga percaya? Coba lihat, majalah, buku, atau film tentang photography. Maka kite bakal melihat bahwa setiap photographer akan mengamalkan aturan ini setidaknye sekitar 75% dari total jam terbangnye.

Ooo... jadi ntu yang dimaksud dengan the third of rules... eh salah... the rule of thirds tadi ye bang? Jadi, kite cuman perlu memotong atau membagi-bagi ape yang kite lihat melalui view finder menjadi 9 bagian, dan menempatkan focal point berade dibagian tengah. Ternyate mudah ye bang, kaga rumit-rumit amat.

Betul mpok, aturan ini memang sederhana. Tapi, kate sipenulis, kite juge jangan sampe menganggap remeh dengan kesederhanaan aturan ini. Sebab, butuh banyak waktu dan latihan kalo kite benar-benar ingin bisa menguasai aturan ini, dan menghasilkan photo yang menarik.

Contohnye? Banyak orang yang selalu ingin menempatkan focal pointnye berada tepat ditengah-tengah. Untuk beberape jenis photo, hal ntu mungkin emang bagus. Tapi, kalo kite terus-terusan nempatin focal pointnye tepat di tengah-tengah, bukan kaga mungkin kalo photo yang kite buat akan terlihat ngebosanin.

Misalnye, coba mpok perati'in photo di bawah ini. Coba mpok bandingin, yang mane yang menurut mpok yang lebih menarik, yang focal pointnye tepat di tengah-tengah (kiri)? Ato yang focal pointnye agak kesamping (kanan)?

Belajar Photography

Nah mpok, kalo menurut si penulis ebook photography ini sih, photo yang dikanan ntu terlihat lebih menarik ketimbang photo yang disebelah kiri, ape menurut mpok juga begitu?

Kalo menurut aye nih mpok, kaya' nye same aje tuh. Aye belon mampu membeda'innye. Ape mungkin karena aye belon ngerti dan tau banyak tentang photography ye? Mungkin ntu yang jadi penyebab mata aye kaga bisa ngebeda'in mane photo yang menarik, dan mane photo yang biasa aje. Mungkin juge ya mpok?

Ntu juge sebabnye aye jadi kepengen belajar lebih photography lebih banyak lagi mpok. Aye pengen bisa ngebedain mane photo yang disebut sebagai photo artistik, dan ape sebabnye photo ntu dibilang punya nilai seni yang tinggi.

Dari sisi mane, atau dengan cara ape orang bisa ngebeda'in mane photo yang dibuat oleh yang pro atau non-pro. Ape mpok juga tertarik dengan hal-hal seperti ntu? Ape mpok juga kepengen suatu hari nanti bisa menghasilin photo-photo yang menarik dan bernilai jual?

Nah, kalo mpok emang punya niat seperti ntu, kite same-same aje belajar photography di blog ini. Siape tau suatu hari nanti niat kite ntu bisa kesampean.

Ok deh mpok, berarti pembahasan kite mengenai aturan kedua dalam hal cara mengkomposisi photo ini kite cukupin dulu sampe disini. Di artikel berikutnye, kite bakal ngebahas soal aturan-aturan selanjutnye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.