Laman

Kamis, 18 November 2010

Spion Bermasalah, Suzuki Tarik 3 Tipe

Surabaya - Surya- Karena komponen baut spionnya dinilai bermasalah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal melakukan penarikan dan perbaikan terhadap tiga tipe produknya, yakni Neo Baleno, Swift, dan SX-4 terutama yang sudah berada di tangan konsumen.

Direktur PT United Motor Centre (UMC) diler utama Suzuki di Jatim, Michael Mardanus mengatakan, pihaknya memang telah menerima pemberitahuan dari SIS untuk mengundang seluruh pemilik mobil dari tiga tipe tersebut di wilayahnya untuk dilakukan perbaikan sebagai tanggung jawab agen tunggal pemegang merek (ATPM).

“Pekan ini surat pemberitahuan dari pusat kami terima. Dan dalam pekan ini kami juga segera menindaklanjuti dengan mengundang pemilik kendaraan untuk kami perbaiki. Kami saat ini tengah menyiapkan tim untuk itu,” kata Michael, Rabu (17/11).

Pihak SIS sendiri memang menyerukan kepada semua diler di seluruh Indonesia untuk mengundang konsumen agar melakukan pemeriksaan dan penggantian atas baut spion luar dikarenakan baut spion yang terpasang pada kendaraan tersebut belum dilengkapi dengan adhesive (thread lock), sehingga berpotensi untuk lepas atau jatuh.

Mobil Suzuki yang harus ditarik dari peredaran itu meliputi SX-4 produksi tahun 2007-2010, Neo Baleno produksi 2008-2010, serta Swift produksi 2009.

Diakui Michael, sebenarnya konsumennya terbilang belum mengalami kejadian yang cukup fatal terhadap komponen tersebut. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan, serta sebagai bukti tanggung jawabnya terhadap konsumen, pihaknya sengaja mengundang konsumen dan dilakukan pengecekan atau perbaikan secara gratis.

“Jadi bukan penarikan-penarikan yang sepertinya ada masalah besar. Ini hanya bentuk pelayanan kita kepada konsumen,” ungkap Michael.

Di Jatim sendiri, lanjutnya, konsumen ketiga tipe tersebut cukup besar. Untuk tipe SX-4 saja, misalnya, rata-rata penjualan di provinsi ini di kisaran 30 unit per bulan. Sehingga bukan tidak mungkin ketiga tipe itu saat ini populasinya mencapai ribuan unit di Jatim.

Pihaknya sendiri memang secara proaktif akan melakukan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan untuk datang ke bengkel-bengkel resmi Suzuki terdekat agar segera dilakukan perbaikan.

Berdasar rilis dari SIS, di Indonesia perbaikan kendaraan itu kemungkinan akan dilakukan pada sekitar 18.920 unit dengan rincian 1.368 unit Swift, 14.792 unit SX-4, dan 2.760 unit Neo Baleno.

SIS mengundang setiap pemilik kendaraan Suzuki model SX-4, Neo Baleno dan Swift untuk datang ke Bengkel Resmi (BeRes) Suzuki terdekat agar dapat melakukan pemeriksaan dan penggantian atas baut spion luar karena diduga belum dilengkapi dengan adhesive (thread lock). Penggantian komponen itu sendiri dilakukan secara gratis dan estimasi waktu pengerjaannya mencapai 45 menit.

Sebelumnya, pada Oktober 2010 Suzuki Motor Co. telah mengeluarkan pernyataan bakal menarik kembali (recall) 282.000 unit Swift dan SX-4, menyusul adanya cacat pada bagian kaca spion luar mobil Suzuki yang beredar di Jepang.ndio/oz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.