Laman

Rabu, 17 November 2010

Tips Merawat 'Dalaman' BlackBerry

Susetyo Dwi Prihadi - Okezone
BlackBerry

Masalah yang terkadang dihadapkan oleh pengguna BlackBerry adalah masalah loading yang mulai melambat atau muncul tanda 'jam pasir' yang terus menerus. Ini tentunya sangat mengganggu aktifitas dalam menggunakan ponsel besutan RIM tersebut.

Namun hal tersebut bisa saja dihindari jika pengguna rajin membersihkan 'jeroan' dalam BlackBerry. Karena pada dasarnya, membersihkan software di dalam perangkat genggam cerdas ini harus dilakukan minimal 3 hari sekali.

Berikut langkah-langkah tips yang bisa pengguna BlackBerry lakukan agar ponsel cerdas Anda tidak akan mengalami masalah berarti dan 'sehat' selalu;

1. Memoryup Personal
Me-refresh memori di BlackBerry bisa menggunakan aplikasi yang bernama Memoryup Personal. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di BlackBerry App World. Tidak hanya mampu membersihkan, aplikasi ini juga memberikan berapa kapasitas memori yang sudah terpakai.

Cara untuk membersihkannya, setelah unduh silahkan masuk ke aplikasi tersebut, dan menekan ikon BlackBerry Anda. Pilih menu 'Quick Boost', lalu tekan. Biarkan Memoryup Personal yang akan bekerja, biasanya akan ada 7 tahapan 'pembersihan'.

2. Membersihkan Browser
Setelah kita melakukan browsing dengan menggunakan alat peramban di BlackBerry, perangkat ini secara otomatis akan menyimpan 'histori' dari situs yang telah kita buka. Ini secara tidak langsung, ini dapat membuat BlackBerry kita menjadi lambat.

Cara membersihkannya cukup mudah, saat Anda membuka salah satu situ di browser BlackBerry, tekan ikon BB Anda, lalu pilih 'Go To', lalu tekan tanda BB lagi, pilih 'Option', lalu 'Cache Operation', setelah itu tekan 'Clear history, lalu tekan 'Clear'. Histori situs di browser ini pun telah dihapus.

3. Cleaning memory


Fungsinya hampir sama dengan Memoryup Personal, namun ini jauh lebih spesifik. Caranya, pilih 'Option', lalu pilih 'Security Option', setelah itu akan muncul 'Memori Cleaning', ubah 'disable' menjadi 'enable', setelah diubah ke enable tekan BB, lalu pilih 'Clean Now', tunggu proses selanjutnya.

Setelah selesai, kembalikan ke posisi disable lalu save.

4. Me-Delete Aplikasi yang Di-Unistall


Aplikasi yang tidak digunakan lagi memang dengan mudah dengan cara delete saja. Namun, hal tersebut tidak membuat aplikasi yang di-delete akan sepenuhnya terhapus. Ini akan sangat mengganggu jika update dari aplikasi tersebut akan muncul, dan tidak sesuai dengan OS yang digunakan. Satu-satunya jalan adalah dengan cara menghapus permanen.

Caranya adalah, masuk ke BB App world, masuk ke My World yang ada di bawah kanan. Setelah masuk, lalu tekan ALT dengan R, S, T secara berbarengan.

Silahkan lakukan langkah-langkah ini secara rutin selama 3 hari sekali. Niscaya BlackBerry Anda akan jauh dari masalah gangguan kelambatan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.