Laman

Minggu, 05 Desember 2010

Aduh...Melar Sehabis Melahirkan

Kesal. Itu mungkin yang dirasakan setiap ibu yang baru saja melahirkan, melihat bentuk tubuhnya menjadi melar dan tidak seindah dulu lagi. Wajar kalau setiap perempuan ingin tampil menarik dan seksi, khususnya setelah melahirkan.

Perubahan tubuh setelah melahirkan sebenarnya adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah reaksi yang muncul. Perubahan bentuk tubuh yang membuat Anda tersiksa dan mengalami krisis percaya diri berakibat tidak sehat. Tidak saja bagi Anda, tapi juga pada hubungan Anda dengan si kecil dan suami.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan?

Terima diri apa adanya. Termasuk terimalah perubahan tubuh Anda. Memang tidak mudah bagi ibu baru yang tengah menyusui untuk cepat langsing kembali. Butuh waktu minimal 9 bulan untuk mengembalikan bentuk tubuh agar seksi dan kencang kembali.

Cobalah untuk menciptakan reaksi yang nyaman dengan kondisi tubuh Anda. Refleksikan saat-saat itu dan cobalah memunculkan reaksi berbeda yang lebih positif. Yakinkan diri Anda, bahwa isi hati, pikiran, dan tindakan seseorang sama pentingnya dengan tubuh yang indah. Cermati hal-hal positif dalam diri Anda, baik fisik maupun non-fisik. Dan yang terutama, syukuri peran sebagai ibu baru!

Perhatikan asupan gizi. Tidak usah memaksakan diri makan terlalu banyak hanya karena Anda sedang menyusui. Anda cuma butuh tambahan kalori 300 mg setiap harinya. Namun, Anda juga tidak boleh diet terlalu keras, karena si kecil butuh gizi yang baik.

Olahraga. Anda bisa mengurangi lemak dan stretchmark dengan berolahraga. Jika tidak sempat untuk pergi ke gym, Anda bisa membeli DVD/VCD yoga atau senam untuk Anda praktekkan di rumah. Atau Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar rumah sambil membawa si kecil. Yah, hitung-hitung olahraga sambil bermain dengan si kecil, kan?

Ada kemungkinan tubuh Anda tidak bisa kembali ke bentuk semula. Sadari dan terimalah itu. Menjadi ibu adalah peristiwa hidup yang alamiah. Dr. Nancy O'Neil, ginekolog Amerika Serikat mengatakan, dengan kerja keras yang serius dalam jangka waktu tertentu, keinginan Anda untuk langsing kembali bisa terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.