Laman

Selasa, 15 Februari 2011

Kenali Jenis Kursi Mobil Bayi

TAHUN ini, Anda mengajak si kecil ke luar kota untuk silaturahmi Lebaran. Perlengkapan kenyamanan dan keamanan mulai dipersiapkan, termasuk kursi mobil bayi.

Perjalanan harus bisa dinikmati semua anggota keluarga, termasuk si kecil yang belum genap satu tahun. Begitu banyak pilihan kursi mobil bayi tentu membuat Anda bingung, mana yang pas untuk kebutuhan si kecil. Untuk mengenali jenis-jenisnya, berikut ulasan yang diberikan Sheknows seputar baby car seat.

Car infant seat

Kursi mobil bayi ini dirancang khusus untuk bayi lahir sampai sekira 20 kilogram. Kursi mobil bayi ini sering dijual sebagai bagian dari keperluan bepergian bersama dengan kereta dorong.

Car infant seat dirancang untuk digunakan dalam posisi menghadap belakang dan tidak dapat digunakan secara aman sebagai kursi menghadap ke depan mobil. Studi menunjukkan bahwa menjaga seorang bayi menghadap belakang menawarkan perlindungan terbaik. Banyak kursi mobil bayi juga berfungsi sebagai pembawa bayi sehingga orangtua dapat dengan mudah memindahkan bayi tidur tanpa mengangkatnya dari kursi mobil.

Travel vest

Jika mobil Anda hanya memiliki sabuk di bagian perut, maka travel vest alias rompi pengaman bisa menjadi alternatif. Ini juga bisa digunakan bagi anak yang sudah terlalu besar, tapi belum bisa menggunakan booster seat.

Convertible car seats

Kursi mobil ini dirancang untuk digunakan mulai bayi lahir sampai anak tak lagi muat duduk di atasnya. Convertible car seat dapat digunakan baik menghadap ke depan maupun belakang. Jenis kursi mobil ini hampir tidak seportabel car infant seat. Namun, Anda dapat melihatnya sebagai investasi yang lebih baik karena tidak perlu diganti ketika anak mencapai usia lebih dari 1 tahun atau beratnya 20 kilogram.

Built-in seat

Beberapa jenis dan merk mobil yang beredar di Amerika dan Eropa memiliki built-in seat untuk anak-anak. Batas maksimum berat dan tinggi bervariasi tergantung merk dan jenis mobil. Bacalah petunjuk manual mobil atau tanyakan kepada dealer untuk rincian penggunaan kursi tersebut.

Booster seat

Kursi booster dirancang untuk digunakan oleh balita dalam posisi menghadap ke depan saja dan biasanya memiliki persyaratan berat minimum 30-40 kilogram. Jika Anda memilih kursi mobil booster yang bisa dilepas kembali, kursi mobil ini akan bertahan sampai ia mencapai berat badan sekira 80 kilogram. Kursi booster bisa dimanfaatkan dengan gesper dan tali kekang yang berfungsi seperti sabuk pengaman untuk orang dewasa.

Beberapa car seat menggabungkan fitur kursi yang menghadap ke depan dan booster seat. Kursi macam ini memiliki sabuk untuk anak dengan maksimum berat 18-30 kg, tergantung modelnya.

Jika si kecil sudah mencapai berat atau tinggi maksimum, Anda bisa memakainya sebagai booster seat dengan melepas sabuknya dan menggunakan sabuk keselamatan mobil seperti biasa. Namun harus diingat bahwa anak-anak tidak boleh menggunakan sabuk di bagian perut saja karena bisa menyebabkan cedera serius pada saat kecelakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.