Laman

Rabu, 19 Mei 2010

10 Tips Penting untuk Peluncuran Blog Bisnis Anda

Blog Pembelajaran, Support System, Internet Marketing Indonesia, Blogger, Marketer Tips, Pengetahuan Dasar, Strategi PromosiApakah yang Anda pikirkan tentang peluncuran blog bisnis Anda? Anda tidak sendirian. Sebuah studi baru-baru ini oleh GuideWireGroup mengungkapkan bahwa sekitar 89% bisnis yang telah disurvei mengungkapkan bahwa blog digunakan sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Dalam survei lain, Burson-Marsteller menemukan bahwa 15% dari 500 perusahaan terkaya memiliki blog. Sebuah blog bisnis yang sukses dapat menghasilkan puluhan ribu dolar dalam pendapatan setiap tahun, dengan angka untuk perusahaan-perusahaan besar biasanya jauh lebih tinggi.

Kesimpulannya adalah, "Blog Bisnis Menjadi Alat Pemasaran yang Paling Utama bagi Para Internet Marketer." Itu tidak berarti bahwa blogging datang dengan mudah atau alami bagi banyak perusahaan, pemilik perusahaan dan karyawannya. Blogging seperti bentuk konten, merupakan sebuah KOMITMEN WAKTU dan SUMBER DAYA - yaitu, Anda harus tahu cara menulis (atau memiliki akses ke penulis yang baik) dan Anda harus mempertahankan blog Anda dengan konten segar, asli dan bahan baru yang berwawasan secara teratur.

Hal ini seharusnya tidak menakut-nakuti Anda terlalu jauh. Meskipun demikian, hal ini seharusnya menginspirasi Anda untuk belajar dasar-dasar bisnis blogging sebelum Anda memperlihatkan bakat Anda ke seluruh orang di dunia. Perencanaan strategi blogging yang Anda lakukan pertama adalah LANGKAH BIJAKSANA, karena memberikan blog Anda kesempatan sukses yang lebih besar. Berikut adalah 10 Tips untuk Peluncuran Blog Bisnis Anda:

1. Mengidentifikasi Pembaca Anda

Sebelum Anda mulai menulis sesuatu, pastikan Anda mengerti siapa target pasar Anda. Ini juga dikenal sebagai "pembeli personal Anda", yang guru pemasaran David Meerman Scott definisikan sebagai "... sebuah kelompok yang berbeda dari pelanggan potensial, tipikal orang yang ingin Anda capai dalam pemasaran Anda." Pada dasarnya, Anda ingin topik khusus Anda tertuju ke kelompok orang yang paling tertarik pada perusahaan Anda. Jika tidak, Anda akan kehilangan sasaran dan potensi kekuatan serta penjualan. Untuk mengidentifikasi pembeli personal, ada 3 pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri:
* Dimana pelanggan Anda berasal?

* Apa jenis konten yang akan berguna bagi mereka?

* Dimana pelanggan Anda paling sering online?

2. Buat Account Media Sosial

Jika Anda belum melakukan ini, segera buat akun media sosial Anda dengan Facebook, Twitter, LinkedIn dan YouTube. Mulailah dengan ini dan kemudian kembangkan. Hal ini penting karena Anda perlu tempat untuk mengirim link ke setiap blog baru, sehingga kelompok Anda, penggemar, dan pengikut Anda dapat membacanya. Posting di media sosial juga mendorong orang untuk berlangganan RSS Feed Anda, dan banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda.

3. Membangun Kehadiran Media Sosial Anda

Meletakkan dasar untuk kemudian mempromosikan blog dengan membangun hubungan dengan target pasar Anda. Salah satu CARA TERBAIK untuk melakukannya adalah melalui media sosial. Sekarang Anda telah memiliki account media sosial untuk memulainya, Anda dapat masuk dan bergabung dengan forum, mendengarkan percakapan dan mendengar apa yang orang katakan tentang perusahaan Anda. Tambahkan wawasan dan komentar bijaksana bila memungkinkan. Jika Anda tidak mempunyai waktu, pekerjakan karyawan untuk melakukan hal ini, tapi cobalah sekali-kali untuk memberikan kontribusi jika Anda bisa.

4. Menentukan Lokasi untuk Menempatkan Blog Anda

Anda dapat menempatkan blog Anda pada halaman di situs Web atau memberikannya domain sendiri. Pilihan Anda tergantung pada tujuan Anda. Apakah Anda ingin blog menjadi bagian dari situs web Anda, dan terkait dengan itu secara langsung? Atau apakah Anda memiliki rencana untuk menggunakan blog Anda untuk tujuan lain, seperti untuk memperoleh penghasilan melalui iklan atau menciptakan sebuah bisnis sekunder dari itu?

Sebuah blog dapat membantu website Anda ke peringkat lebih tinggi, dan juga bisa menghasilkan peringkat tinggi bagi blog itu sendiri. Jadi, pikirkan tentang tujuan jangka panjang Anda saat memutuskan lokasi penempatan itu.

5. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Jika Anda menempatkan blog bisnis Anda di dalam halaman situs Anda, kemungkinan besar Anda akan menggunakan keyword atau kata kunci yang sama untuk blog Anda yang sedang Anda gunakan untuk situs web Anda. Jika Anda sudah melakukan riset kata kunci yang baik, maka ini adalah kata kunci yang mencerminkan bisnis Anda dan istilah pencarian yang orang gunakan untuk menemukan Anda. Jika blog Anda terpisah, pertimbangkan jika ada perubahan kata kunci yang harus dibuat. Anda mungkin ingin mengambil situs blog Anda ke arah yang berbeda dari situs Anda. Sekali lagi, ini tergantung pada tujuan Anda untuk blog Anda.

Kebetulan, jika blog Anda belum memiliki domain sendiri, Anda harus menggunakan nama domain yang mencerminkan merek bisnis Anda, mudah bagi konsumen untuk mengenalinya dan search engine friendly.

6. Pilih Platform Blogging Anda

Anda memiliki beberapa pilihan di sini. Blogger adalah platform blogging yang paling populer, tapi Anda juga dapat memeriksa Wordpress, Joomla, TypePad dan lain-lain.

7. Rencanakan Posting Blog Anda

Pikirkan tentang arah yang Anda inginkan untuk mulai memposting blog Anda. Cara yang baik untuk tetap berada di jalur ini adalah mulailah dengan satu topik utama dan beberapa konsep blog sebelumnya. Posting itu pada jadwal rutin dan Anda akan memiliki pasokan blog bertarget yang menambah konten baru ke situs Anda dan menunjuk kembali ke perusahaan Anda setiap minggu. Datang dengan banyak topik dapat menjadi sebuah tantangan, tetapi ada banyak sumber daya bermanfaat yang bisa menginspirasi Anda jika Anda buntu.

8. Pengaruh Jaringan

Setelah Anda mempunyai blog, sebuah ide yang baik untuk melihat-lihat blogger lain di sekitar perusahaan Anda. Lihat apa yang mereka lakukan, apa yang mereka katakan, dan tinggalkan wawasan komentar di blog mereka. Jenis jaringan web ini akan membantu Anda membangun hubungan dengan orang lain, yang pada gilirannya akan meminta mereka untuk membantu menyebarkan berita tentang blog Anda dan perusahaan Anda. Jenis iklan gratis sangat berharga. Ini menghubungkan Anda kepada individu yang kredibel dan dihormati dalam blogosphere dan pasar bisnis Anda.

9. Mempromosikan Blog Anda

Seperti disebutkan sebelumnya, menawarkan langganan blog melalui RSS Feed adalah cara yang efektif untuk mempromosikan blog Anda. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan:
* Optimalkan menulis artikel untuk surat kabar online,

* Submit artikel ke direktori yang mengarah ke halaman blog Anda,

* Submit blog Anda ke situs social bookmarking seperti Digg dan StumbleUpon (atau setup account dengan Ping.fm dan itu akan melakukannya secara otomatis).
Pastikan link mengarah ke blog Anda dalam posting media sosial Anda.

10. Mengukur Hasil dari Apa yang Telah Anda Lakukan

Jika Anda mau meluangkan waktu untuk tujuan pemasaran blog Anda, Anda akan ingin tahu seberapa baik Anda telah melakukannya, bukan begitu? Karena hal itu bergantung terutama pada pembangunan hubungan manusia dari waktu ke waktu, sedangkan untuk mengukur ROI blog bisa rumit. Tapi, Anda memiliki banyak alat yang Anda inginkan untuk membantu Anda menentukan seberapa banyak atau sedikit kontribusi blog Anda terhadap merek bisnis Anda.

Free Online Tools seperti Google Analytics dan Google Alerts memberikan Anda informasi tentang bagaimana pelanggan Anda menemukan Anda online, dan pada khususnya dapat bercerita banyak tentang halaman blog Anda. Facebook Insights adalah cara untuk melacak aktivitas dalam account Facebook Anda. Peralatan lainnya juga tersedia di sana, jadi silahkan kunjungi free online tools tersebut segera.

Peluncuran blog bisnis Anda sama halnya dengan proyek lainnya, semua tentang PERSIAPAN. Jika Anda melakukan pekerjaan rumah Anda dan meletakkan dasar yang kokoh, blog Anda akan membuahkan hasil. Perlu diingat bahwa blogging adalah suatu bentuk pemasaran konten dan dengan demikian, terutama tentang membangun hubungan dengan pelanggan. Jadi, bersabarlah, ikuti ke 10 tips di atas, dan silahkan lihat pertumbuhan bisnis Anda!

-Salam Netpreneur-

Berikut Tips & Triknya :

* Menggunakan symbol + dan -.

Keyword yang didahului oleh tanda + menandakan keyword tersebut wajib ada pada halaman hasil pencarian, sedangkan tanda – menandakan pengecualian. Misalnya sahabat ingin mencari informasi tentang teknologi namun bukan teknologi internet, maka gunakan keyword +teknologi –internet.

* Mencari pada website tertentu saja, gunakan keyword : site.

Misalnya sahabat ingin mencari informasi tentang teknologi internet hanya di website www.detik.com maka yang lakukan lakukan dengan cara mengetikkan kata kunci : teknologi internet site:www.detik.com

* Menggunakan tanda kutip dua (“ “)

Google akan mencari seluruh halaman yang telah di indeksnya terhadap kata-kata yang sama persis sahabat tulis dalam tanda kutip dua. Misalnya sahabat mengetikkan keyword “arti persahabatan”, maka google hanya akan menampil hasil terhadap website yang mengandung kata arti persahabatan saja. Jika ada website yang mengandung kata arti saja atau kata persahabatn saja, maka tidak akan dicantum sebagai hasil pencarian.

* Mencari informasi dalam format file, pdf, xls, ppt, doc, gunakan keyword filtype.

sebagai contoh sahabat ingin mencari artikel tentang arti persahabatan dalam format document, maka gunakan keyword :
arti sahabat filetype:doc

* Mencari definisi suatu istilah, gunakan keyword : define sebagai contoh sahabat ingin mengetahui definisi dari blog, maka gunakan keyword define blog


* Mencari gambar, gunakan keyword : pict atau picture sebagai contoh mencari gambar luna maya,maka harus kita ketik luna maya picture

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.