Laman

Jumat, 21 Mei 2010

Keterampilan Menjahit

PKPU Online PADANG − Gubuk Kita PKPU Padang Bekali Remaja Keterampilan Menjahit
Program Sinergis Pemberdayaan Komunitas (Prospek) yang dilakukan oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU tidak sebatas dalam bentuk pemberian modal usaha melalui Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM). PKPU juga berupaya melahirkan cikal bakal KUMM baru dengan melakukan pembinaan keterampilan kepada remaja putri melalui keterampilan menjahit.

Pemberian keterampilan atau life skill tersebut ditujukan agar remaja setelah menamatkan sekolah dan kuliah di Perguruan Tinggi nanti telah memiliki keterampilan khusus sehingga tidak khawatir dengan pekerjaan.

Pembinaan itu dilaksanakan dua kali sepekan di Gubuk Kita atau singkatan dari Graha Usaha Bina Keterampilan Insan Takwa di Kelurahan Jati Parak Salai Kecamatan Padang Timur Kota Padang yang telah dimulai Kamis (13/5/2010).

Sebanyak 10 orang remaja putri dan 6 di antaranya berstatus siswa SMA dan 4 Mahasiswi terlihat antusias mengikuti program ini. Meskipun Kamis kemarin hari libur nasional, mereka tetap datang untuk mendapatkan pembinaan keterampilan yang diberikan oleh Ibu Harlinda. Ibu Harlinda sendiri merupakan penerima KUMM PKPU Padang yang kini usaha konveksinya sudah mulai “kebanjiran” order pembuatan jilbab.

Kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Padang Ja’far yang ikut hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan, dari Gubuk Kita itu ditargetkan akan melahirkan KUMM−KUMM baru di Padang.

Setelah para remaja tersebut keterampilannya meningkat akan dijadikan dalam satu kelompok usaha dan diberikan modal usaha. Semua biaya dan peralatan dalam pelatihan itu ditanggung oleh PKPU Padang.

Yang tidak kalah semangat dalam program ini, Ibu Harlinda, meskipun harus datang jauh−jauh menggunakan ojek ke lokasi pelatihan di Gubuk Kita yang sekaligus menjadi tempat KUMM Jati Parak Salai tersebut.

Dari Gubuk Kita ini diharapkan akan lahir usahawan−usahawan muda tangguh yang memiliki keterampilan dan kekuatan ekonomi. Sedangkan untuk remaja putra akan diarahkan pada usaha bengkel dan keterampilan lainnya. Informasi GUBUK KITA, kontak PKPU Padang, Komplek Kodam Blok J No.8 Siteba, Kelurahan Suraugadang Kecamatan Nanggalo, Padang. Telp (0751) 7054623. (Elfiyon/PKPU Padang)

Ibu Harlinda memberikan pengarahan kepada binaan

Remaja binaan di GUBUK KITA PKPU Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.