Laman

Minggu, 30 Mei 2010

Keuntungan Memasak Dengan Panci Tekan


Memasak dengan panci tekan, atau lebih populer dengan panci presto, tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar ibu-ibu di rumah. Umumnya penggunaan panci tekan masih terbatas untuk merebus daging agar lebih cepat empuk atau memasak ketupat menjadi lebih cepat matang dibandingkan dengan menggunakan panci biasa. Ini pun dilakukan pada saat-saat tertentu saja, misalnya untuk persiapan hari raya atau arisan. Padahal panci tekan bisa digunakan untuk memasak hampir semua jenis makanan. Memasak nasi, sup, tumis, daging, ayam, ikan bahkan untuk membuat kue pun bisa dilakukan dengan panci tekan.
Salah satu keuntungan penggunaan panci tekan dalam memasak adalah hemat waktu. Adanya tekanan tinggi yang terbentuk saat proses memasak menyebabkan masakan menjadi lebih cepat matang. Sedangkan keuntungan lainnya adalah:
  • Hemat bahan bakar karena proses memasak lebih singkat sehingga bahan bakar yang digunakan pun lebih sedikit.
  • Makanan lebih sehat dan kandungan nutrisinya lebih lengkap karena kerusakan zat gizi akibat pemanasan selama proses memasak dapat dikurangi.
  • Dapat memasak beberapa jenis masakan sekaligus namun aroma dan rasa masing-masing masakan tidak saling bercampur satu dengan yang lain.
Nah, sudahkah anda memiliki panci tekan di dapur anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.