Laman

Selasa, 15 Juni 2010

Biar Kalah, Korea Utara Bangga Membobol Brazil


Pelatih Korea Utara, Kim Jong Hun.

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Pelatih Korea Utara (Korut), Kim Jong Hun, bangga dengan permainan anak-anak asuhnya yang membuat tim sekuat Brasil frustrasi. Meski kalah, Korut punya pengalaman sangat berharga karena bisa berhadapan dengan talenta-talenta terbaik dunia milik tim "Samba".

Dengan mengandalkan serangan balik, Korut melemahkan serangan-serangan "Selecao" di babak pertama. Di babak kedua, "Chollima" lengah dan akhirnya kebobolan oleh gol cantik Douglas Maicon dan Elano di Stadion Ellis Park, Selasa (15/6/2010). Harapan Korut sempat melonjak ketika Ji Yun Nam berhasil memperkecil ketinggalan di menit ke-89. Namun, upaya menyamakan skor gagal dan Korut pun kalah 1-2.

"Tim Brasil sudah jelas sangat kuat. Meski kami tidak menang, saya percaya kami bertarung dengan baik," kata Jong Hun. "Kami harus menunggu hingga akhir pertandingan untuk mencetak gol, namun di babak pertama para pemain berhasil menjalankan rencana kami. Tim Brasil biasanya kuat di sayap dan bagus secara individu, tapi kami berhasil mencegah hal ini."

"Kami bertahan dengan baik. Ketika kami menguasai bola, kami berhasil melakukan beberapa umpan baik. Sayangnya, kami gagal mencetak gol (di babak pertama). Di babak kedua, mereka lebih menyerang dan tim kami bertahan dengan kuat. Kami mencoba mencetak gol dan kami berhasil mendapatkan satu, jadi saya pikir kami bertarung dengan berani," paparnya.

"Sebagai pelatih, ketika melawan Brasil, fakta bahwa kami berhasil mencetak gol membuat saya sangat bahagia. Saya bangga dengan para pemain. Karena itulah saya menunjukkan emosi ketika kami mencetak gol," lanjutnya.

Kekalahan 1-2 itu menjadikan Korut sebagai tim pertama yang bisa memperkecil ketinggalan dalam posisi kalah. Sebelumnya, tujuh tim yang menjadi pecundang sama sekali tak dapat mencetak gol ke gawang lawan. Salah satunya adalah Australia, sesama wakil Asia, yang kalah di tangan Jerman dengan skor 0-4. (AP)

C3-10

Editor: lhw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.