Laman

Minggu, 20 Juni 2010

Patung 3 Mojang Dibeli Gubernur Bali

E Mei Amelia R - detikNews
Jakarta - Setelah keberadaan patung 3 Mojang di Perumahan Harapan Indah, Bekasi menuai protes, patung tersebut kini resmi diturunkan. Setelah 'dibuang' di Bekasi, patung pahatan seniman Nyoman Nuarta itu justru dibeli oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

"(Patung) sudah dibeli oleh Gubernur Bali. Tapi tidak tahu kapan mau dibawa ke Balinya," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Imam Sugianto saat dihubungi, Minggu (21/6/2010) malam.

Sementara itu, Imam mengungkapkan, patung tersebut diturunkan pada Sabtu (19/6) dini hari hingga pukul 09.00 WIB. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selaku pelaksana pembongkaran patung dari Pemkot Bekasi, menurunkan patung tersebut dengan menggunakan crane.

Proses penurunan patung disaksikan langsung oleh Sekda Kota Bekasi Tjandra Utama Efendi dan pihak pengembang Perumahan Harapan Indah, PT Hasanah Damai Putra (HDP). Selain itu, sekitar 50 ormas juga menyaksikan detik-detik penurunan patung tersebut.

Kepolisian Metro Bekasi menerjunkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dalam mengamankan psoes penurunan patung itu. "Semuanya berlangsung aman," katanya.

Sebelumnya, patung yang menelan biaya Rp 5 miliar itu diprotes oleh sejumlah ormas. Mereka menganggap, patung setinggi 15 meter itu tidak mencerminkan budaya Bekasi.

Pengembang sendiri telah diberi waktu 3 minggu untuk membongkar patung tersebut. Pemkot Bekasi menyarankan agar patung itu diganti dengan simbol kearifan lokal.

"Misalnya diganti dengan Piala Adipura," tukas Imam.

(mei/mad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.