Laman

Senin, 07 Juni 2010

Piala Dunia 2010 Diasuransikan Rp 80 Triliun


Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan diasuransikan dengan nilai lebih dari £6,2 miliar atau lebih dari Rp 80 triliun, kata Lloyd’s of London, pasar asuransi terbesar dunia.

Badan sepakbola dunia, Fifa, tim nasional, lembaga penyiaran dan perusahaan-perusahaan lain yang memiliki andil dalam keberhasilan turnamen semua sudah mengambil asuransi.

Stadion dan tempat latihan untuk pertandingan Piala Dunia diasuransikan dengan nilai sekitar £3,2 miliar, kata kalangan perusahaan penjamin asuransi.

Sedangkan, peluang-peluang bisnis lain yang terkait peristiwa ini diasuransikan senilai £3 miliar atau sekitar Rp 40 triliun.

Jurubicara Lloyd’s mengatakan, implikasi finansial tak langsung yang bisa terjadi termasuk peritel yang menawarkan barang gratis jika tim tertentu merebut Piala Dunia dan masalah penyiaran yang ditimbulkan oleh pertandingan yang tertunda.

“Jika upacara pembukaan tertunda, itu akan mempengaruhi lembaga penyiaran, sebab mereka sudah mempersiapkan slot iklan,” kata juru bicara.

Satu faktor penting yang tidak tercakup dalam taksiran ini adalah nilai polis asuransi yang berlaku untuk masing-masing main jika yang bersangktuan terluka atau jatuh sakit.

Tidak semua pemain dalam satu tim dianggap memiliki nilai yang sama. Namun, menurut penjamin asuransi Peter Thompson di Beazley, asuransi perlindungan terhadap cacat terkait olahraga untuk pemain top pada puncak karirnya bisa mencapai 40 juta pound sterling.

Klub mengandalkan kualitas bintang nama-nama terbesar mereka untuk mendongkrak pemasukan dari replika kaus tim dan barang-barang lain.

Reputasi itu juga perlu dilindungi dengan asuransi. Brand pemain bola dunia bisa bernilai hingga 10 juta pound sterling, kata Dan Trueman, seorang underwriter di perusahaan jasa asuransi Kiln.bbc.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.