Laman

Selasa, 20 Juli 2010

PELUNCURAN UANG 10.000 BARU

Perbedaan Uang Rp 10.000 Lama dan Baru

KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Petugas menunjukkan uang kertas pecahan baru Rp 10.000 saat peluncuran di Gedung Bank Indonesia Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/7/2010). Perubahan ini bertujuan mengoptimalkan fungsi elemen desain terutama pada warna dominan yang semula ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan.

BANDUNG, KOMPAS.com — Selain memiliki warna yang berbeda, dari ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan. Uang kertas (UK) Rp 10.000 (sepuluh ribu) yang baru juga memiliki empat perbedaan dengan uang Rp 10.000 yang lama.

Adapun empat perubahan pada desain uang kertas pecahan Rp 10.000 sekarang adalah sebagai berikut:

Pertama, adanya penambahan unsur pengaman rainbow printing dalam bidang berbentuk segi lima yang memiliki efek berubah warna (efek pelangi) apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, pada sebelah kanan gambar utama.

Kedua, penambahan desain berbentuk lingkaran-lingkaran kecil berwarna merah dan di tengahnya berwarna putih yang letaknya tersebar pada sebelah kanan gambar utama.

Ketiga, perubahan kode tunanetra (blind code) berupa satu buah lingkaran yang semula tidak kasat mata (visible) menjadi kasat mata dan terasa kasar apabila diraba (cetak intaglio), yang terletak pada samping kanan gambar utama.

Keempat, penggantian tinta berubah warna (optically variable ink) berupa segi delapan yang berubah warna dari hijau menjadi biru apabila dilihat dari sudut pandang berbeda menjadi desain logo BI di dalam bingkai berbentuk ornamen daerah Palembang dan tidak berubah warna (cetak offset), yang terletak pada sebelah kanan bawah uang.

Menurut Pjs Gubernur BI Darmin Nasution, uang pecahan Rp 10.000 lama masih berlaku untuk alat pembayaran.

"Uang kertas Rp 10.000 desain lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Namun, BI tidak lagi akan mencetak uang tersebut karena sudah ada gantinya, BI menarik secara pelan-pelan," tegas Darmin saat peluncuran uang tersebut di Gedung Bank Indonesia Bandung, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.