Laman

Kamis, 11 November 2010

Kekhawatiran Krisis Irlandia Jadi Awal Krisis Baru


shutterstock

DUBLIN, KOMPAS.com - Para pejabat otoritas keuangan Uni Eropa bakal kembali susah tidur nyenyak. Sebab, baru saja krisis surat utang yang berawal dari Yunani mereda, kini, bibit krisis baru kembali muncul.

Kali itu, sinyal tanda bahaya itu datang dari Irlandia. Dalam tiga minggu terakhir, imbal hasil (yield) surat utang terbitan pemerintah berjuluk Celtic Tiger itu terus menanjak.

Tak tanggung-tanggung, hanya dalam tiga minggu, yield obligasi pemerintah tenor 10 tahun telah melonjak menjadi 9 persen dari sebelumnya hanya 6 persen. "Peningkatan spread (selisih) yield obligasi ini sangat serius. Dan ini menjadi perhatian seluruh kawasan Eropa," ujar Menteri Keuangan Irlandia Brian Lenihan di Dublin, Kamis (11/11/2010).

Lenihan menyalahkan komentar pejabat Jerman tentang mekanisme penyelamatan krisis di Uni Eropa sebagai salah salah satu penyebab lonjakan yield di Irlandia itu.

Beberapa pejabat Jerman memang mengusulkan agar investor yang memegang surat utang pemerintah anggota Uni Eropa ikut menanggung biaya penyelamatan jika terjadi krisis di masa mendatang.

Sejatinya, mekanisme penyelamatan anyar itu masih belum jelas. Jerman sendiri juga menyatakan bahwa mekanisme itu mungkin tidak akan berlaku untuk surat utang yang telah beredar (existing) saat ini.

Namun, peryataan itu sudah telanjur meniupkan kekhawatiran di kalangan investor obligasi. Nah, yang terpukul pertama kali adalah pasar obligasi Irlandia. Investor terus menekan harga obligasi pemerintah Irlandia sehingga yield-nya terbang tinggi.

Ini bisa dimaklumi. Sebab, saat ini, posisi keuangan Irlandia memang paling ringkih jika dibandingkan negara-negara Uni Eropa lainnya. Akhir tahun ini, defisit anggaran pemerintah Irlandia akan mencapai 32 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mereka. Angka defisit ini menjadi yang tertinggi di kawasan Eropa.

Dalam kondisi seperti ini, jelas, Irlandia memiliki risiko paling besar untuk gagal bayar (default). Dan, jika lonjakan yield tidak kunjung mereda, bukan tidak mungkin Irlandia membutuhkan suntikan dana dari Eropa seperti halnya Yunani.

Hasil polling terbaru Reuters menunjukkan bahwa para ekonom yang pesimistis terhadap prospek Irlandia. Buktinya, 20 ekonom dan total 30 ekonom yang disurvei menyatakan bahwa Irlandia tidak akan mampu melewati tahun 2011 jika tidak memperoleh bantuan dana eksternal.

Irlandia tetap optimistis

Para pejabat Uni Eropa pun terus mencermati kondisi pasar surat utang Irlandia. European Commission President Jose Manuel Barroso juga menyatakan bahwa Uni Eropa siap mengambil tindakan jika Irlandia membutuhkan bantuan mitranya di Uni Eropa.

Sejauh ini, pemerintah Irlandia sendiri masih cukup optimistis. "Kami memiliki kapasitas untuk membuat negara kami bertahan dan tetap kredibel," tegas Lenihan.

Namun, kekhawatiran itu telah telanjur menyebar. Saham-saham perbankan berguguran. Misalnya harga saham Allied Irish Banks anjlok 6 persen dan saham Bank of Ireland rontok 7 persen Kamis (11/11/2010). Harga saham Royal Bank of Scotland yang memiliki eksposur besar di Irlandia juga longsor cukup dalam.

Kecemasan itu juga telah membuat harga surat utang yang menjadi instrumen asuransi risiko default atau credit defauld swap (CDS) obligasi pemerintah Portugal dan Spanyol juga melonjak ke rekor tertinggi.

Sementara, selisih (spread) antara yield obligasi bertenor 10 tahun terbitan Irlandia dan obligasi terbitan Jerman ( yang menjadi benchmark) melonjak melampaui 680 basis poin dan mencetak rekor tertinggi secara berturut-turut dalam sembilan sesi transaksi terakhir.(Cipta Wahyana/Kontan)

KONTANSumber

2 komentar:

  1. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgan debra 1986@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com
    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  2. Halo, nama saya Widya Okta. dari Indonesia, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, namun mereka masih asli sekali di antara perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya punya korban jatuhnya penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya membutuhkan pinjaman perusahaan yang jujur.

    Saya hampir menyerah tidak sampai saya mencari sebuah nasihat dari seorang teman saya yang disebut saya pemberi pinjaman sangat handal Sandra Ovia Badan Kredit yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD 900 juta (Sembilan ratus juta INDONESIAH) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan., Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres .

    Yakinlah dan yakin bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, Pinjaman dokumen perjanjian dan semua karya kertas. Saya percaya Ibu Sandra Ovia sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu kehidupan saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi cicilan pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan perusahaan seperti yang diarahkan.

    BalasHapus

About

Diberdayakan oleh Blogger.