Laman

Rabu, 17 November 2010

Petualangan Novovic Taklukkan Amazon 46 Hari


glassrbije.org
Darko Novovic, perenang Serbia yang menaklukan Sungai Amazon dalam waktu 46 hari

BEOGRAD, KOMPAS.com — Perenang Serbia, Darko Novovic, telah mencetak rekor dunia baru, setelah ia berenang menyusuri Sungai Amazon sepanjang 5.450 kilometer dalam waktu hanya lebih dari 46 hari, demikian laporan harian Beograd 24 Hours, Rabu (17/11/2010).

Dalam wawancara dengan harian Beograd itu, Novovic (37) mengatakan, ia memulai perjalanan panjangnya pada 29 September di Atalaya, Peru, dekat sumber Sungai Amazon dan berenang rata-rata 16 jam dengan jarak 188 kilometer per hari. Pada 13 November, Novovic telah berenang menempuh jarak 150 kilometer dan memasuki Samudra Atlantik di luar Belem Brasil, di mulut Sungai Amazon, katanya.

Novovic, yang juga pernah berenang menyeberangi English Channel, meruntuhkan rekor sebelumnya oleh Martin Strela dari Slovenia, yang mengarungi Sungai Amazon dalam 66 hari. "Saya takut diserang bakteri yang dapat membuat mata buta, atau menghadapi sejumlah 'monster'," kata Novovic. Namun, ia mengaku memang pernah bertemu dengan buaya maut di sungai tersebut.

Ia mengatakan, "ketakutannya" menjadi motivasi setiap hari buat dia untuk berenang secepat mungkin. Novovic mengatakan, upayanya tersebut adalah bagian dari upaya mengumpulkan dana untuk membangun dermaga di sekitar gereja di kota pantai Montenegro, Petrovac na Moru. Ia mengatakan, ia sudah berencana menaklukkan Sungai Danube dari Beograd ke Schwarzwald, dari hulu sungai itu di Jerman tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.