Laman

Jumat, 05 November 2010

Wanita, Sayangi Jantungmu!

(doc Corbis)

VIVAnews - Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu pada wanita. Tapi sebetulnya risiko terkena penyakit ini dapat ditekan. Caranya, ubah gaya hidup menjadi lebih sederhana.

Modernmom
mengungkapkan ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui dan jalankan untuk menyayangi jantung.

Pencegahan

Cek kesehatan Anda ke dokter. Pemeriksaan kesehatan memungkinkan dokter mengetahui masalah kesehatan yang potensial dalam tubuh sebelum mereka berkembang menjadi serius. Tekanan darah dan kadar kolesterol merupakan faktor penting dalam kesehatan jantung.

Kerusakan jantung dan pembuluh darah dapat terjadi karena tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi sehingga sangat penting untuk melacaknya dari awal melalui pemeriksaan kesehatan.

Kenali faktor risiko
Faktor risiko untuk penyakit jantung didasarkan pada kedua genetika dan pilihan gaya hidup. Menilai faktor risiko akan memberi gambaran tentang apa yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Risiko yang tidak dapat diubah meliputi usia, jenis kelamin dan riwayat penyakit jantung dalam keluarga Anda. Sedangkan faktor risiko yang dapat diubah meliputi tingkat aktivitas, pola makan, merokok, kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Diet

Perubahan sederhana dalam diet seseorang dapat meningkatkan kesehatan, khususnya kesehatan jantung. Misalnya mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan menggantinya dengan lebih banyak mengonsumsi makanan olahan rumah yang rendah lemak, kolesterol, dan garam.

Kemudian menambah konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, juga sangat baik untuk kesehatan. Perubahan pola hidup ini memang sederhana, tetapi dapat melindungi jantung Anda sekaligus membantu manajemen berat badan.

Olahraga
Setiap wanita tahu pentingnya olahraga. Olahraga bisa membantu menurunkan berat badan, membantu menjaga kesehatan jantung, dan mencegah datangnya penyakit.

Apakah Anda benci datang ke gym? Kalau begitu, hidupkan musik dan menarilah dengan anak-anak. Atau jalan kaki di sekitar lingkungan rumah. Bisa juga meningkatkan intensitas membersihkan rumah. Gerak tubuh semacam itu apabila dilakukan secara rutin dapat menjaga jantung Anda tetap sehat.

Hindari merokok
Menurut Mayo Clinic, merokok merupakan salah satu faktor terkuat dalam perkembangan penyakit jantung. Selain membuka peluang datangnya penyakit jantung, merokok juga dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Merokok dapat menyebabkan kerusakan jantung dan pembuluh darah. Merokok juga memaksa jantung bekerja lebih keras sehingga pembuluh darah menyempit. Denyut jantung dan tekanan darah juga meningkat. Wanita yang merokok berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung ketimbang mereka yang tidak merokok.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.