Laman

Senin, 06 Desember 2010

Desain Carport Sesuai Budget


Dahulukan penghitungan budget agar pembuatan carport lebih memuaskan. Berikut tiga alternatif desain dengan pemilihan material berbeda plus kisaran harga yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Fungsi dasar carport adalah sebagai tempat parkir mobil di area terbuka sebuah bangunan (rumah). Biasanya, ukurannya tak terlalu luas, sekitar 3x5 m.

Yang harus diperhatikan sebelum membangun carport adalah dua material pentingnya yaitu lantai (keramik, beton rabat, conblock/grassblock , rumput, kayu, batu alam, besi pelat) dan atap (beton, polikarbonat/ fiber, kaca, kayu, tanaman rambat, besi, baja, kain, dsb).

Anda bebas memilih paduan yang mana. Lebih jelasnya, mari ikuti panduan berikut ini.

Desain 1:

Besi + Polikarbonat

Besi adalah material pabrikan yang umumnya dapat dipasang dengan cepat dan singkat. Namun dari sisi kandungan dan kekuatan bahan, masih di bawah baja sehingga harganya lebih murah. Oleh karena itu, besi untuk struktur carport perlu dimodifikasi, seperti diberi tambahan siku dsb.

Untuk penutup atapnya, dapat ditutup dengan bahan polikarbonat yang termasuk bahan fiber dan tembus cahaya. Bahan ini relatif terjangkau dan memang dibuat untuk material atap transparan.

Untuk konstruksi tertentu, besi memerlukan siku pada sambungannya dan mudah korosi bila tidak dilapis cat.

Bahan polikarbonat enteng dan memiliki warna dan motif garis yang cantik sayangnya mudah kotor dan rusak.

Taksiran harga = 9-12 juta

Desain 2:

Beton + Kaca

Beton adalah material konstruksi paling umum di rumah tinggal. Perkembangan teknologi membuat material ini dapat dimofikasi ke dalam bentuk yang beragam.

Sebagai atap carport dan lantainya, beton dapat berekspresi dengan berbagai tipe finishing . Seperti motif kamprot, garuk, atau ekspos. Beton juga dapat dibuat dengan konstruksi kantilever (gantung dengan satu sisi tiang). Sebagai elemen estetis, beton bisa dikombinasikan dengan kaca. Kaca juga berfungsi sebagai pencahayaan alami.

Beton harganya relatif terjangkau dan mudah diaplikasikan, juga bisa dikombinasikan dengan material apapun. Kekurangannya, beton termasuk berat dan untuk modifikasi desain harus dihitung kekuatan strukturnya.

Material kaca mudah menerima cahaya dan permukaan tipis. namun mudah kotor.

Taksiran harga = 18-20 juta

Desain 3:

Baja + Tanaman Rambat

Isu pemanasan global menuntut rumah kita memiliki area hijau yang cukup banyak. Selain sebagai pengganti oksigen, tanaman juga mampu mereduksi terpaan panas matahari.

Untuk carport , tanaman rambat dapat dipilih seperti yang tampak pada desain ini. Tanaman rambat dan besi baja profil IWF berpadu memberi kesan futuristik dan elegan dengan dirambatkan dengan wiremesh (besi jala).

Meski tak semahal beton, harga baja cukup mahal. Untungnya ia kuat dan menciptakan kesan futuristik yang bold .

Sementara tanaman rambat banyak pilihan jenisnya namun Anda perlu memikirkan biaya dan waktu perawatan.Foto: Adrian Mulya/Idea

Taksiran harga = 12-15 juta

Naskah & Ilustrasi: Novriansyah Yakub, atelier riri, Jl. Perkici 12/19 Bintaro, (0812 1032 303)
foto: adrian mulya/ idea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.