Laman

Selasa, 15 Februari 2011

Ragam Material Bak Cuci Piring



Walaupun harganya relatif mahal, kitchen sink berbahan stainless steel paling banyak digunakan karena mudah dibersihkan dan tahan terhadap panas dan karat.
Kitchen sink adalah piranti dapur yang paling sering digunakan. Tak hanya untuk tempat mencuci piring, buah dan sayuran, mencuci tangan pun kerap dilakukan di sini.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membeli kitchen sink adalah material pembuatnya. Terdapat beragam jenis material, bisa ditemui di pasaran. Memilih yang cocok, haruslah disesuaikan dengan kebutuhan, selera, dan yang tak kalah penting, budget.

Stainless steel

Stainless steel paling banyak digunakan. Terdapat beragam tingkat kepadatan stainless steel. Semakin padat, mengindikasikan kitchen sink lebih kuat dan tahan lama. Biasanya, semakin padat unsur stainless steel, semakin mahal pula harganya. Stainless steel relatif mudah dibersihkan, serta kuat terhadap panas dan karat.

Porselain

Banyak pula orang yang menyebutnya cast-iron (besi cor). Pasalnya, kitchen sink berbahan porselain, biasanya diperkuat pula dengan besi cor. Porselain lebih banyak berperan untuk memberikan tampilan mengkilap (glossy). Besi corlah yang membuat kitchen sink lebih kuat dan tahan lama.

Meski memiliki tampilan indah, porselain bisa retak dan pecah. Apalagi jika sering terkena benda bersuhu panas, seperti air mendidih. Memperbaikinya, hampir tidak mungkin. Biasanya jika lapisan porselain ini rusak, konsumen terpaksa membeli yang baru.

Akrilik

Material  ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Akrilik tidak berpori, sehingga tidak mudah kotor. Ia juga memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan. Akrilik juga disukai karena ringan dan mudah dalam hal pemasangan.

Namun berhati-hatilah dengan benda bersuhu tinggi. Benda tersebut dapat mengakibatkan retakan pada permukaan akrilik. Panci atau penggorengan yang masih panas, terkadang juga dapat mengakibatkan akrilik meleleh.

Solid surface

Material ini tergolong baru. Banyak orang menggunakannya untuk menggantikan material alam seperti granit atau marmer. Solid surface terbuat dari campuran akrilik, polyesteresin, siller, dan pigmen warna. Motif dan warnanya beragam. Tampilannya menyerupai granit. Kuat dan padat. Permukaannya juga mudah dibersihkan. Dari segi harga, solid surface lebih murah dibandingkan material alam asli.

Granit

Kitchen sink granit terkenal berharga tinggi. Bukan tanpa alasan. Sink granit tahan terhadap goresan. Ia juga mudah dibersihkan, bila terkena kotoran atau noda. Satu lagi kelebihannya, ia juga lebih tahan terhadap panas, dibandingkan material lainnya. KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.