Laman

Kamis, 10 Juni 2010

Diharapkan Lampaui Rp2,6 Triliun Omset PRJ Tahun Ini

Omset PRJ Tahun Ini Diharapkan Lampaui Rp26 Triliun

Presiden pada Pembukaan PRJ 2010 -- ANTARA/Pandu/as

JAKARTA--MI: Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau kini disebut Jakarta Fair 2010 telah dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kamis (10/6) malam. Acara pameran tahunan yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat itu akan berlangsung selama 32 hari hingga 11 Juli 2010. Acara yang digelar dalam rangka memperingati ulang tahun Kota Jakarta ke-483 itu bertema PRJ Membangun Perekonomian Nasional.

Presiden SBY mengatakan, PRJ merupakan pameran terbesar di Asia Tenggara. Hal itu ditandai oleh jumlah peserta pameran, pengunjung, dan nilai transaksi yang dihasilkan event itu.

Berdasarkan catatan Presiden, pada 2005 PRJ diikuti 883 peserta dengan nilai transaksi Rp477 miliar. Tiga tahun kemudian, jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat menjadi 2.760 peserta dengan nilai transaksi Rp2,1 triliun. Sedangkan pada 2009 meningkat menjadi 2.874 peserta dengan nilai transaksi Rp2,6 triliun. PRJ dianaggap sebagai sarana yang sangat tepat untuk promosi dan pemasaran yang efektif.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, kegiatan itu tidak hanya sekedar ajang pameran dan promosi bisnis perusahaan-perusahaan besar. Tetapi juga menjadi ajang perkenalan kebudayaan daerah, terutama Betawi serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Foke, panggilan Fauzi Bowo, juga menyatakan struktur ekonomi Jakarta ke depan akan tumbuh pada sektor jasa. Acara yang dikenal sebagai Jakarta Fair tersebut diharapkan memberikan kontribusi dan menggerakan sektor ril penerimaan pajak pusat dan daerah. "Perlu dukungan gerak langkah stakeholder pusat dan daerah," katanya.

Direktur Utama PT JiExpo sekaligus Ketua Jakarta Fair 2010 Hartati Murdaya berharap acara tersebut dapat memperluas lapangan kerja dan memajukan kesejahteraan rakyat. Pameran yang digelar di atas lahan seluas 44 hektare tersebut akan diramaikan 1.500 stand dan diikuti sekitar 2.500 perusahaan, perwakilan provinsi, dan ratusan pengusaha kecil serta koperasi dari seluruh Indonesia. Acara itu dibuka dengan ditandai bunyi sirine dan kembang api dan dilanjutkan dengan penampilan berbagai artis Ibu Kota. (*/OL-8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.