Laman

Selasa, 23 November 2010

Motivasi Rekan Kerja yang Lain

Apabila anda bekerja sebagai staf publik relation, employee relation atau bagian personalia, tak ada salahnya membangkitkan motivasi kerja rekan-rekan lain yang sudah mulai "loyo". Tujuh cara dibawah ini mungkin bisa mulai anda terapkan di kantor untuk memperbaharui semangat rekan-rekan kantor lainnya.
  1. Selalu berikan dukungan secara konsisten kepada para rekan-rekan anda. Selain dukungan kata-kata yang dapat membangkitkan semangat, yang paling penting, jangan hanya melakukan hal ini sesekali saja. Coba ucapkan kata-kata penuh dukungan setiap kali ada salah satu rekan yang berhasil mencapai prestasi yang bisa dibanggakan.
  2. Terapkan disiplin dan pemberian hukuman yang efektif, seimbang dan bersifat fair. Kalau saat berprestasi mendapatkan hadiah. Jangan heran jika saat melakukan kesalahan anda mendapat hukuman
  3. Perlakukan karyawan dengan fair. Jangan sampai ada karyawan yang mendapat perlakuan yang bisa menyebabkan ia dipersepsikan sebagai anak emas diantara sekian banyak orang yang bekerja di tempat yang sama. Perlakuan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain justru akan menciptakan suasana tak menyenangkan di lingkungan kantor.
  4. Kenali dan penuhi kebutuhan semua karyawan. Tentunya semua karyawan memiliki kebutuhan dan kemampuan spesifik yang berbeda-beda. Kalau bisa dikenali jenis-jenisnya, tentu perlakuan adil bisa diterapkan.
  5. Tetapkan sasaran kerja yang realistis dan operasional. Sasaran yang terlalu muluk justru membuat patah semangat, bahkan sebelum memulainya.
  6. Ciptakan pekerjaan yang senantiasa terstruktur. Meskipun struktur dan birokrasi terkesan menyulitkan dan membosankan, namun dengan cara ini pembagian kerja akan lebih merata.
  7. Terapkan standar dan berikan penghargaan berdasarkan prestasi kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.