Laman

Jumat, 05 November 2010

Pertamina Harap Jadi Role Model BUMN

Ilustrasi

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berharap dengan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi sebagai sarana dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dapat mejadi contoh bagi BUMN lain untuk melakukan hal yang sama.

"Saya berharap pertamina dapat menjadi role model bagi BUMN lain," ujar Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan saat melakukan penandatangan tersebut di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Jumat (5/11/2010).

Hal senada juga disampaikan Menteri BUMN Mustafa Abu Bakar dalam kesempatan yang sama. "Pertamina dapat menjadi pioner bagi BUMN lain melakukan hal serupa untuk menjaga transparansi keuangan demi terciptanya good governance," imbuhnya.

Pertamina sebenarnya merupakan BUMN kedua yang melakukan penandatangan kerjasam serupa. Sebelumnya pada tanggal 3 juni 2010 PLN telah lebih dahulu melakukan kerjasama dengan BPK, karena itu diharapkan implementasi kerjasama antara BPK dengan pertamina dapat memberi manfaat nyata seperti halnya kerjasama dengan PLN.

Dalam acara penendatanganan tersebut juga dihadiri oleh direksi atau perwakilan dari BUMN lain, diantaranya PT Kereta Api, PT Pelayaran Nasional Indonesia, PT Kimia Farma, PT Pembangunan Perumahan, PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT Pupuk Sriwijaya, PT Taspen, PT PNM, PT Askes, PT Asabri, PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia.

"Untuk menciptakan pusat data BPK dan strategi link and match dalam pelaksanaan pemeriksaan berbasis elektronik atau e-audit sebagai bagian dari pelaksanaan tugas pokok BPK untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara," ujar Sekretaris Jendral BPK Hendar Ristriawan.(wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.